Cara Mudah Menggunakan Rufus Untuk Instal Windows 7

Biasanya untuk instal windows kita menggunakan CD atau DVD, tetapi saat ini ini penggunaan CD ataupun DVD sudah mulai jarang digunakan. Penyebab yang sangat universal merupakan ketiadaan optical drive di fitur laptop berdimensi kecil semacam netbook, ultrabook, serta Komputer tablet.

cara menggunakan rufus untuk bootable windows 7

Saat ini lebih bergeser ke menggunakan flashdisk untuk menginstal, baik itu windows 7, windows xp, windows 8, windows 10 maupun ubuntu. Disini Admin akan menarangkan bagaimana caranya menggunakan rufus untuk instal windows 7, agar bootable di flashdisk sehingga siap digunakan untuk menginstal windows 7.

Tidak hanya itu, instalasi Windows dengan memakai DVD sangat tidak instan bila dibanding dengan memakai flashdisk maupun file instalasi secara langsung. Pihak Microsoft pula dikala ini telah sediakan bermacam file yang diperlukan buat bermacam tata cara instalasi tersebut.

Salah satu tata cara yang sangat banyak digunakan dikala ini merupakan instalasi via USB flash drive ataupun flashdisk. Dengan flashdisk kita bisa menginstal Windows di bermacam fitur secara gampang. Kita pula bisa menaruh file instalasinya buat berjaga- jaga bila sesuatu dikala dibutuhkan kembali.

Ada banyak metode yang dapat kita jalani buat bisa menginstal Windows lewat flashdisk. Salah satu metode yang lumayan gampang merupakan dengan memakai aplikasi yang bernama Rufus. Program ini terbuat secara spesial buat instalasi bermacam sistem pembedahan via USB flash drive.

Nah kali ini Admin hendak membahas metode memakai Rufus buat instalasi sistem pembedahan Windows tersebut. Tetapi tadinya, ayo kita kenali lebih dekat dahulu program unik yang satu ini.

Apa Itu Rufus?

Rufus ialah aplikasi yang dibikin oleh Pete Badard dari Akeo Consulting. Aplikasi ini mempunyai lisensi GNU GPL tipe 3 sehingga bisa digunakan secara free. Apalagi Kamu pula bisa memodifikasi dan menjual hasil modifikasi tersebut.

Aplikasi ini mempunyai dimensi yang sangat kecil ialah 459 KB sehingga tidak hendak banyak menghabiskan kapasitas flashdisk Kamu. Menariknya, aplikasi ini pula bertabiat portable sehingga Kamu bisa langsung memakainya tanpa menginstalnya terlebih dulu.

Rufus bisa digunakan buat membuat bootable USB dari bermacam tipe sistem pembedahan. Sebagian sistem pembedahan terkenal yang didukungnya antara lain Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Linux, Ubuntu, serta Fedora.

Ada pula opsi FreeDOS dalam aplikasi ini sehingga kita bisa melaksanakan booting dengan modus DOS alias Disk Operating System. Semacam kita tahu, modus DOS sangat bermanfaat buat banyak perihal, salah satunya merupakan melaksanakan upgrade BIOS.

Banyak orang yang menggemari aplikasi Rufus ini sebab bermacam fitur menariknya tersebut. Tidak hanya itu, aplikasi ini pula sanggup bekerja 2 kali lebih kilat dibanding aplikasi sejenis yang lain semacam Windows 7 USB/ DVD Unduh Tool, WiNToBootic, Umum USB Installer, Unetbootin, serta RMPrepUSB.

Setelah kita mengetahui fitur-fitur dan kelebihan-kelebihan rufus yang telah ditawarkannya, kita sekarang mulai membahas cara menggunakan rufus untuk membuat bootable di flashdisk.

Cara Menggunakan Rufus

1. Unduh Rufus

Pertama- tama silahkan unduh terlebih dulu aplikasi ini secara free disini. Sehabis diunduh silahkan simpan di dalam hard disk ataupun flashdisk. Tetapi ingat, jangan menyimpannya di dalam flashdisk yang hendak kita pakai bagaikan media instalasi Windows.

2. Jalankan Rufus

Jalankan Rufus dengan metode mengklik 2x pada aplikasinya. Setelah terbuka silahkan colokan flashdisk yang hendak dijadikan USB bootable ke pc. Rufus akan secara otomatis mengetahui data dari flashdisk tersebut semacam kapasitas, volume label, dimensi cluster, serta sebagainya.

Bila flashdisk yang Kamu masukan tidak ditemukan olehnya, silahkan klik ikon ciri panah di samping bacaan “Format Options”. Sebagian opsi bonus setelah itu hendak timbul di bawahnya. Silahkan centang opsi“ List fixed (non- flash) or unpartitioned USB disks”.

3. Lakukan pengaturan

Berikutnya silahkan rubah file system yang digunakan dari FAT32 jadi NTFS. Tetapi bila flashdisk Kamu telah memakai file NTFS, hingga Kamu tidak butuh merubahnya. Jangan kurang ingat pula buat mencentang opsi“ Quick Format” supaya proses formatting- nya berlangsung dengan kilat.

4. Pilih file instalasi Windows

cara menggunakan rufus untuk bootable windows 7


Langkah berikutnya yaitu memilih file instalasi Windows yang mau digunakan. Saat sebelum memilihnya, yakinkan Kamu telah mempunyai file instalasi Windows dalam wujud file ISO di pc Kamu. Bila belum, silahkan buat terlebih dulu file ISO tersebut.

Bila file ISO- nya telah siap, silahkan centang opsi “Create a bootable disk using” kemudian seleksi ISO Images pada menu drop- down di sampingnya. Berikutnya klik ikon optical drive yang terdapat di sampingnya kemudian seleksi file ISO yang hendak Kamu pakai.

5. Mulai proses pembuatan USB bootable

cara menggunakan rufus untuk bootable windows 7


Bila semua pengaturan telah benar, silahkan klik tombol Start buat mengawali proses pembuatan USB bootable. Berikutnya akan ada jendela peringatan yang berkata kalau segala file di dalam flash disk Kamu hendak terhapus.

Bila di dalam flashdisk Kamu masih terdapat file berarti, silahkan klik cancel kemudian pindahkan terlebih dulu bermacam berbagai file tersebut. Bila flashdisk Kamu telah kosong serta siap buat digunakan, silahkan klik tombol OK.

Rufus hendak mengawali proses pembuatan USB bootable tersebut. Pertama- tama, flash disk tersebut hendak diformat serta dikosongkan. Berikutnya, seluruh file instalasi hendak disalin ke dalam flash disk tersebut. Bila telah berakhir silahkan klik tombol Close.

Nah saat ini flashdisk Kamu telah dapat digunakan buat menginstal sistem pembedahan Windows 7. Flashdisk Kamu saat ini jadi USB bootable sehingga gunanya sama semacam CD ataupun DVD yang biasa digunakan buat menginstal Windows.

Saat sebelum menginstal Windows, yakinkan Kamu telah melaksanakan pengaturan di BIOS supaya bisa membaca flash disk tersebut kala melaksanakan booting.

Tidak hanya buat sistem operasi Windows 7, metode memakai Rufus di atas pula dapat diaplikasikan buat bermacam sistem pembedahan yang yang lain semacam Windows XP serta Windows 8. Aplikasi ini pula menunjang sistem pembedahan terkini dari Microsoft ialah Windows 10. Selamat berusaha!

0 Response to "Cara Mudah Menggunakan Rufus Untuk Instal Windows 7"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel