Kelebihan dan Kekurangan Blog Niche Pendidikan

Kelebihan dan Kekurangan Blog Niche Pendidikan
Salam hangat para blogger semua, kali ini Saya akan membagikan cerita tentang Kelebihan dan Kekurangan Blog Niche Pendidikan atau bisa juga disebut Kelebihan dan Kekurangan Blog Niche Mata Pelajaran.

Agan-agan suatu waktu pasti timbul pertanyaan, apa sih kelebihan niche pendidikan, dan apa kekurangnya? terlebih bagi agan yang mau memulai membuat blog, tentu agak kebingungan terutama dalam memilih tipe/niche blognya. Apakah blog dengan niche pendidikan akan berkembang, mempunyai traffic yang tinggi dan bisa selalu ada di halaman pertama google?

Nah, saya akan share cerita mengenai cerita hal tersebut sesuai pengalaman sendiri, karena memang saya mengelola salah satu blog yang nichenya pendidikan.

Ada sebagian orang yang menganggap bahwa blog dengan niche pendidikan itu mempunyai sedikit peluang untuk maju dan berkembang dan hanya musiman (tidak hari libur, ketika ujian), apalagi sampai menghasilkan pundi-pundi uang yang berlimpah, mereka umumnya menganggap bahwa niche tentang tutorial (blogging, computer, game), kesehatan, daftar populer dsb. memiliki peluang yang besar.

Nyatanya tidak demikian, memang niche-niche seperti yang saya sebutkan saya di atas memiliki peluang yang signifikan dan niche-niche seperti itu tak lekang oleh waktu, tetapi justru orang yang mempunyai pemikiran yang outbox dan pintar membaca peluang akan memilih niche yang mempunyai peluang yang bagus dan belum banyak dibahas orang-orang. Blog niche pendidikan juga termasuk konten yang tak lekang dimakan zaman dan punya peminat yang besar.

Sekarang coba agan pikirkan secara mendalam, berapa banyak masyarakat Indonesia khususnya yang bersekolah? ada berapa tingkatan sekolah tersebut? dari mulai SD SMP SMA TINGKAT PERKULIAHAN, ada berapa banyak mata pelajaran yang mereka pelajari?. dari sana cukup jadi motif untuk memantapkan membuat blog dengan tema pendidikan dan mata pelajaran, terlebih orang-orang zaman teknologi seperti sekarang ingin serba cepat dan mudah, di sini kita berperan sebagai produsen dan bukan konsumen, kita sajikan berbagai konten mata pelajaran yang kira-kira banyak dicari oleh para pelajar di indonesia khususnya.

Saya lihat juga sudah agak banyak kok blog-blog niche pendidikan yang sukses setelah saya riset di berbagai alat riset, namun ada catatan bahwa niche pendidikan ini masih banyak ruang kosong yang perlu bagi para blogger yang punya minat dan kemampuan menyajikan konten pendidikan secara sederhana dan mudah dipahami pembaca untuk mengisinya.

Berikut di bawah ini sedikit tips dan trik dari Admin bagi agan-agan yang mau mulai membangun blog niche pendidikan:

#1 Tetapkan Niat
Pokoknya mantapkan saja niat di hati bahwa blog dengan tema pendidikan atau mata pelajaran akan memiliki peluang yang bagus, banyak pengunjung dan banyak diminati. Tak usah ragu, Admin sendiri merasakan bahwa keraguan-keraguan akan blog niche pendidikan perlahan sirna dan malah sebaliknya setelah terus berusaha membuat konten yang kira-kira akan dicari pelajar.

#2 Baca Peluang Mata Pelajaran
Tentu selain sekolah di Indonesia mempunyai tingkatan atau jenjang, juga memiliki berbagai mata pelajaran begitu banyak. Coba agan sedikit riset dulu di google mata pelajaran apa sih yang belum banyak dibahas, agan bisa lakukan pencarian suatu konten yang berkaitan dengan mata pelajaran tersebut, jikalau dalam pencarian ada kata kunci sugesti dari google dan di paling bawah yaitu artikel terkait ada di google tetapi belum ada yang membahas, itu adalah salah satu peluang emas yang mesti konten tersebut harus ditulis oleh agan.

Dan meskipun sudah ada yang menulisnya, coba lihat seberapa banyak yang menulisnya, dan coba baca karakter judulnya, agan bisa memberi judul yang kira-kira terlintas dan kira-kira diketikkan oleh pelajar, dan juga bisa judulnya diembel-embeli dengan yang agak mencengangkan.

#3 Baca Peluang Konten Pelajaran
Setelah agan menemukan mata pelajaran yang cocok dengan peluang dan kemampuan agan, coba pahami dulu bahwa untuk satu mata pelajaran pun ada begitu banyak bidang-bidangnya, seperti halnya saja kalau dalam bahasa Indonesia ada bidang kosakata bahasa Indonesia, artikel bahasa Indonesia, karangan bahasa Indonesia, puisi bahasa Indonesia, pidato bahasa Indonesia, cara belajar bahasa Indonesia dari gramatika, pengucapan dan penggunaan. Dan dari sana pun terdpat turunan-turunannya lagi yang amat banyak, contoh dari karangan bahasa Indonesia saja, disana ada karangan bahasa Indonesia tentang kebersihan, ada tentang liburan dan... masih banyak. Ini peluang besar. tentu bagi mata pelajaran yang belum banyak ditulis oleh orang lain.

#4 Langsung Buat Blog
Maksudnya setelah segala riset telah dilakukan dan telah mantap langsung kalau gitu buat blog, tetapi sebelumnya harus mantap dulu nama blog yang cocok dengan pendidikan yang digeluti agan-agan, tetapi untuk nama pendidikan ya sebenarnya terserah agan-agan, yang penting dapat mudah diingat oleh pembaca, tetapi kalau konten sudah banyak dan hamir semuanya berkualitas orang justru yang akan mengingan nama blog kita.

#5 Langsung Menulis
Ada istilah begini, dalam 30 hari bagi penulis buku ada 29 hari yang amat membosankan, tetapi ada 1 hari yang begitu menggembirakan, maksudnya ketika si penulis ada dalam proses menulis tentu akan dikerumuni oleh rasa malas dan kebosanan, tetapi ketika tulisan itu sudah selesan dan dipublish itu adalah hari terindah bagi penulis.

Bagi penulis blog pun demikian, lawan rasa malas menulis, pikirkan motif kita "apapun" yang membuat kita jadi semangat untuk menulis dan mengurus blog.

Rajin membuat konten juga berpengaruh pada posisi blog kita di pencarian google, coba agan lihat kenapa blog berita-berita selalu saja ada di page one google dan selalu ada di urutan pertama, jawabannya tentu karena mereka rutin membuat artikel, dalam satu haripun mereka bisa mungkin membuat artikel puluhan lebih, ini tidak aneh bagi kita berita memang sifatnya realtime dan mereka mengurus webnya oleh tim dan bukan perorangan.

Bagi agan yang dpat mampu membuat artikel yang baik sehari 1 saja, atau seminggu 2 atau 3 saja itu sudah bagus, ingat "artikel yang baik", karena "artikel yang baik akan menemukan pembacanya".

#6 Optimasi yang Baik
Bagi agan yang sudah bergelun tentu hal ini tidak aneh, tentu selain membuat konten ada hal lain yang perlu kita urus, yaitu masalah optimasi SEO dan promosi.

Nah bagi agan yang masih baru mau membuat coba hal yang paling penting adalah menggunakan fitur webmaster tool, sharing ke berbagai media sosial (untuk mengingkatkan traffik blognya) dan setelah itu atur masalah periklanan di adsense untuk menghasilkan uang.


Nih Admin cerita soal kelebihan dan kekurangan blog mata pelajaran atau pendidikan sesuai pengalam Admin:

Kelebihan

#1 Punya Peluang Besar Tampil di Halaman Pertama Pencarian Goole
Kenapa kok bisa begitu? karena tentu konten yang akan ditulis belum banyak yang mengulasnya di blog atau bahkan sama sekali belum ada tulisan mengenai konten yang akan kita buat. Bukan hanya bisa tampil di page one google akan tetapi bisa ada diurutan pertama seacrh engine google, ini bisa terjadi karena konten yang cenderung banyak dicari, artikel yang kita buatpun berkualitas dan belum ada yang menulisnya, ini banyak dialami sendiri oleh Admin. Dari hal itu sebelum membuat konet coba riset sedikit di google, bisa juga di blog serupa yang banyak dibaca.

#2. Sedikit Pesaing
Tadi sudah dibahas panjang lebar di atas, memang blog seperti ini peringkatnya ada di bawah blog niche kesehatan, tutorial, daftar populer dll., tetapi justru karena itu kita mantap membuat blog niche pendidikan ini. Tak perlu khawatir lah karena kita tak hanya bisa membuat 1 blog, tetapi kita bisa membuat beberapa blog, puluhan bahkan lebih, yang terpenting kita mampu fokus dan mengurusnya.

Karena memang orang lebih tertarik membahas seperti yang dijelaskan di atas mereka para blogger lebih memilih niche-niche yang lain ketimbang niche mata pelajaran, ini adalah peluang bagi kita karena akan ada sedikit pesaing, perlu diketahuli persaingan di dunia blogging itu cukup panas, makanya kita memilih yang agak kurang persaingannya supaya konten blog kita ada di urutan pertama goolge, dengan seiringnnya waktu kalau tulisan kita bermanfaat insyaAllah akan terus ada diposisi page one google dan bisa merayap dipindah secara otomatis oleh robot google ke urutan pertama search engine google.


Kekurangan

#1 Pengunjung Kadang Tidak Tetap
Anggapan orang-orang akan blog blog niche mata pelajaran itu musiman, seperti ramai ketika sekolah dan ujian, adapun libur/libur panjang akan berkurang pengungjungnya tidak selamanya salah, dlam artian sedikit ada benarnya.

Ini sesuai pengalaman Admin yang mengurus salah satu blog pendidikan, ada hari-hari dimana pengunjung itu membludak, ada juga hari tertentu yang agak turun, di sini penurunannya itu tidak sedrastris yang orang-orang katakan, hanya beberapa persen saja turunnya, yang jadi pengalaman Admin justru lebih ke masalah ads (periklanan), dimana di hari-hari tertentu yang Admin catat ada penghasilan yang besar, ada juga hari-hari yang mendapatkan penghasilan yang tidak terlalu besar, tetapi penururnannya tak besar kok, hanya beberapa persen saja.

Ada yang bukan hari masalah perhitungan penurunan pengunjung, tetapi masalah jam, dimana ada jam-jam tertentu yang pengunjungnya membludak, ada juga jam-jam tertentu yang sepi pengunjung. Kita juga bisa raba-raba kok, karena ini berkaitan dengan pola hidup dan rutinitas manusia, yang mana manusia itu hidup (tidak tidur) di pagi, siang, sore dan malam sedikit, tetapi pada tengah malam ke waktu subuh sampai jam 5 pagi manusia masih banyak yang tidur, itu berarti "calon pembaca blog kita masih pada tidur" artinya pengunjung yaa sepi di jam-jam tersebut. ini bukan hal aneh bagi blog niche pendidikan.

Tetapi tak bisa dipungkiri bahwa ada segelintir manusia yang masih hidup (tidak tidur) di tengah malam sekalipun, untuk urusan masalah teknologi biasanya mencari daftar populer, tips trik, dan juga mungkin bisa mengarah ke tulisan kita yang memang tipologinya bisa dibaca di jam-jam manapun.

Dalam seputar permasalahan di atas Admin kasih trik nih sesuai Admin praktekan sendiri di blog Admin, buatlah sebagian konten yang kira-kira bisa dibaca di tengah malam sekalipun, ini untuk pengalihan agak blog kita terus ada pengunjungnya tanpa henti dan blog kita terus dijamah tiap saat. Cobalah buat artikel yang agak umum dan menarik namun masih tetap berkaitan dan masalah kontennya tidak jauh dari tipe blog kita.

Demikian uraian mengenai keunggulan dan kelemahan blog niche pendidikan atau mata pelajaran, serta tips dan trik untuk blog niche pendidikan atau mata pelajaran, semoga bermanfaat.

2 Responses to "Kelebihan dan Kekurangan Blog Niche Pendidikan"

  1. Mantap gan, kebetulan saya juga bikin blog pendidikan. Dan memang kalau penjelasan yang disajikan itu jelas, pasti bakalan masuk paejwan kok.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel